Tips Liburan dengan Low Budget




Hola!
Sebagai Ibu yang memiliki dua pekerjaan, yakni pekerja kantoran dan ibu rumah tangga, liburan adalah sesuatu kebutuhan pokok bagiku. Aku dan suami berkomitmen bahwa hal ini harus diusahakan selama dua kali dalam setahun. Ke luar negeri dan domestik. Eits, lain hal kalau keuangan lagi seret, kami nggak memaksakan diri untuk liburan kok.

Karena saat ini sudah ada anak, walaupun baru satu ya... ini tandanya aku dan suami harus lebih banyak menabung uang untuk ongkosnya, makannya dan keperluan dadakan lainnya jika liburan bersama si kecil.

Nah, ada beberapa tips dari aku sebelum melakukan traveling. Atau konteksnya di sini adalah low budget-traveling.

  1. Cek dan selalu cek harga tiket yang sesuai budget
Ketika ada waktu luang di kantor, biasanya aku cari-cari tiket di Skyscanner. Tujuannya bervariasi, maklum menyesuaikan isi kantong. Misalnya, tahun 2020 pengin liburan ke Singapura bawa keluarga. Nah cari tiket di tanggal yang harganya paling murah. Kalau sudah ketahuan harganya aku catat deh. Kalau sudah ada uangnya, bisa langsung dibeli tiketnya, 

       2. Cari hotel

Cari hotel di lokasi yang ingin kamu kunjungi, cari harga dan kamar yang sesuai dengan liburanmu. Misal, kalau bawa anak mau nggak mau harus cari kamar dengan tipe deluxe atau superior, lain hal kalau hanya pergi berdua atau rombongan, aku lebih memilih dorm room karena harganya masih murah. Nah kalau sudah ketemu, catat nama hotelnya dan harganya. Jangan fokus pada satu hotel, cari perbandingannya dan lihat reviewnya melalui youtube. Oya jangan lupa cari hotel yang aksesnya mudah dan dekat dengan transportasi umum.

        3. Buat daftar kunjungan

Selama di tempat liburan nggak mungkin dong kita hanya tinggal hotel aja, pasti pengin ke tempat-tempat wisata kan? Nah kalau aku dan suami, biasanya kita cari-cari dulu, browsing tempat-tempat yang gratis dan masih kelihatan kece untuk spot foto. 

        4. Buat perhitungan

Setelah kamu tahu kisaran harga tiket dan hotel, kini saatnya kamu buat hitung-hitungan kasar mengenai liburanmu. Mulai dari harga tiket pesawat/kereta/bus, harga penginapan dikalikan jumlah malam kamu menginap, transportasi selama di tempat tujuan, biaya makan dan kebutuhan lainnya. Jangan lupa siapkan budget lebih untuk jaga-jaga jika anak sakit di tempat tujuan atau mungkin ada beberapa kebutuhan si kecil yang habis selama liburan.

          5. Buat Rencana Tabungan

Nah kalau sudah ketahuan kisaran budgetnya, mulai deh bikin rencana tabungan dengan suami. Biasanya aku dan suami akan pergi liburan terhitung satu tahun sebelumnya atau kurang beberapa bulan dari keberangkatan, Mulai deh disisihkan uangnya sesuai kemampuan setiap bulannya.

Selain lima point di atas, ada satu hal yang harus dipikirkan juga. Yaitu uang saku. 
Hitungan kami berdua adalah jumlah hari selama liburan. Satu hari itu kami selalu hitung 1 juta rupiah per-hari. Itu artinya jika kami berdua liburan ke Singapura selama 3 hari, maka masing-masing kami hanya membawa 3 juta rupiah. Ditambah saat ini sudah anak, Kai kami kasih budget 1 juta. Pasti akan ada sisa sih dan kami nggak mau menghabiskan juga uangnya. Lumayan untuk tabungan liburan selanjutnya. 

Biasanya, aku dan suami sudah menyiapkan budget untuk pesan tiket pesawat. Jadi yang kami kumpulkan beberapa bulan sebelum keberangkatan yaitu untuk uang saku dan biaya hotel. Selain itu, jika ingin liburan ke luar negeri, selalu cek kurs negara tujuan. Kalau lagi murah, bisa dicicil beli.

Sekian untuk tips hemar ala Setapak Kenangan. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kalian ya dan selalu luangkan waktu untuk liburan dengan keluarga. 

-- ISMA --

Komentar